Kenali Jenis Asuransi Jiwa Sebelum Membelinya

 

Image : istockphoto.com

Saat ini semakin banyak masyarakat yang tertarik pada produk asuransi jiwa di Indonesia seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat atas risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Asuransi jiwa sendiri merupakan jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan finansial karena kematian pemegang polis yang berperan sebagai tulang punggung dalam keluarga.

Jenis Asuransi Jiwa

Di Indonesia, asuransi jiwa terdiri dari beberapa jenis dengan manfaat yang berbeda-beda, Anda dapat memilih asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah penjelasannya.

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance adalah asuransi yang memberikan perlindungan untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan. Manfaat polis dari asuransi akan diberikan jika tertanggung meninggal dalam waktu polis atau polis masih berlaku.

Jika jangka waktu polis telah berakhir dan tertanggung masih hidup, pemegang polis dapat memperpanjang asuransi tersebut. Tetapi jika pemegang polis tidak melanjutkannya, maka polis tersebut dianggap berakhir.

Jenis pertanggungan yang diberikan oleh asuransi jiwa berjangka terdiri dari beberapa jenis yaitu:

1. Asuransi dengan uang pertanggungan tetap. Asuransi ini memberikan manfaat kematian dengan jumlah sama sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati dalam polis.

2. Asuransi jiwa berjangka dengan pertanggungan meningkat. Asuransi ini memberikan manfaat kematian mulai dari nominal tertentu dan kemudian meningkat dengan persentase tertentu dan interval tertentu yang telah disepakati dalam polis.

3. Asuransi jiwa berjangka dengan pertanggungan menurun. Jenis asuransi ini memberikan manfaat kematian dengan nominal yang menurun dalam waktu pertanggungannya. Manfaat tersebut dimulai dari nilai pertanggungan yang sudah disepakati dan menurun sesuai waktu pertanggungan dan kesepakatan dalam polis.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi ini juga dikenal dengan sebutan Whole Life Insurance. Asuransi ini memiliki dua karakteristik yang membuatnya menjadi salah satu asuransi di Indonesia yang paling populer. Asuransi ini memberikan pertanggungan kepada tertanggung selama seumur hidup atau masa berlaku polis.

Selain itu, asuransi ini juga memberikan pertanggungan dan memiliki unsur tabungan. Pertanggungan yang diberikan oleh asuransi tersebut terdiri dari beberapa jenis yaitu

1. Asuransi Seumur Hidup Tradisional

Pada tipe tradisional, pertanggungan diberikan seumur hidup dan memiliki tarif premi tetap meskipun usia tertanggung bertambah.

2. Last Survivor Life Insurance

Manfaat polis akan dibayarkan ketika kedua orang tertanggung meninggal. Asuransi tersebut memberikan pertanggungan bagi pasangan menikah yang ingin menyiapkan dana untuk pajak warisan yang akan dikenakan setelah keduanya meninggal.

3. Joint Whole Life Insurance.

Asuransi jiwa seumur hidup gabungan menawarkan fitur dan manfaat sama seperti asuransi untuk individu. Namun asuransi ini memberikan pertanggungan untuk 2 jiwa dalam satu polis asuransi. Jadi setelah salah satu tertanggung meninggal, manfaat kematian akan diberikan bagi tertanggung yang kedua.

Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi ini adalah perpaduan asuransi dan investasi. Pada asuransi ini, premi yang dibayar akan dialokasikan ke 2 mekanisme pengelolaan terpisah yakni pengelolaan premi untuk proteksi dan investasi. Dengan produk tersebut, tertanggung akan mendapatkan dua manfaat perlindungan yaitu asuransi dan investasi.

Asuransi Jiwa Dwiguna


Asuransi ini memberikan manfaat dalam jumlah tertentu. Setiap polis memiliki maturity date atau waktu jatuh tempo di mana perusahaan akan membayar pertanggungan bagi pemegang polis. Waktu jatuh tempo tersebut akan tercapai di akhir jangka waktu yang sudah ditetapkan atau saat pemegang polis mencapai usia tertentu.

Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa asuransi jiwa di Indonesia. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, masyarakat tentu dapat memilih asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes