3 Poin Penting yang Perlu Diketahui Terkait Portofolio Investasi


 

Image : istockphoto.com



Beragam produk investasi kini sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat, khususnya anak muda yang sudah memiliki penghasilan. Namun, tahukah Anda, investasi sendiri bisa berwujud banyak hal, contohnya saja produk gabungan antara asuransi dan investasi. Produk ini memungkinkan Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yakni proteksi diri serta pengelolaan uang dalam bentuk investasi yang sudah disesuaikan dengan tujuan dan anggaran.

Selain lebih menguntungkan, investasi jenis ini membuat Anda memiliki keleluasaan dalam membuat portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tentunya membuat Anda memiliki kontrol yang cukup terhadap pengalokasian dana yang diletakkan pada masing-masing instrumen investasi sekaligus dapat secara langsung mengecek pertumbuhan investasi yang dimiliki.

Agar lebih bisa memaksimalkan keuntungan yang dicapai melalui investasi, berikut tiga poin penting yang perlu Anda ketahui soal portofolio investasi yang hendak Anda rancang. Simak ulasannya sebagai berikut :

● Tujuan investasi. Sebelum menentukan portofolio investasi yang akan digunakan, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu tujuan dari investasi yang akan Anda lakukan. Apakah akan memilih investasi jangka pendek, investasi menengah, maupun investasi jangka panjang. Anda dapat memilih instrumen investasi yang memiliki risiko lebih besar seperti investasi saham jika tujuan investasi Anda adalah untuk jangka panjang.

Hal ini berlaku sebaliknya untuk tujuan investasi jangka pendek, Anda bisa menggunakan instrumen investasi berupa investasi pasar uang.

● Profil risiko investasi. Profil risiko investasi menunjukkan seberapa banyak porsi untuk aset investasi dengan risiko kecil sampai besar yang Anda rencanakan. Jika Anda menempatkan banyak aset atau instrumen saham dengan risiko investasi yang besar dalam portfolio, maka Anda dapat dikategorisasikan sebagai investor agresif. Begitu pula dengan tingkatan risiko di bawahnya, yakni investor moderat sampai investor konservatif.

Hal ini tentu kembali kepada tujuan awal Anda melakukan investasi, pastikan profil risiko yang Anda pilih telah sesuai dengan kebutuhan dan anggaran serta pemahaman yang cukup terkait dengan risiko yang bisa saja Anda hadapi di kemudian hari.

● Modal yang dimiliki. Semakin banyaknya modal atau anggaran yang Anda miliki saat memulai investasi, tentunya memberikan keleluasaan dan fleksibilitas dalam memilih instrumen investasi dan menentukan portofolio yang akan digunakan. Namun, dengan anggaran yang terbatas pun Anda masih bisa memulai berinvestasi tanpa banyak hambatan. Selain melalui asuransi yang preminya bisa dijadikan dana investasi, Anda juga dapat mencoba berinvestasi di reksa dana.

Itu dia tiga poin penting yang perlu diperhatikan oleh Anda terkait dengan perencanaan portofolio investasi. Meski investasi bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti menyurutkan semangat Anda dalam memulai mengelola uang dengan lebih bijak.

Teliti lebih lanjut terkait jenis investasi yang ingin Anda pilih agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes