Perusahaan yang Bagus akan Menghasilkan Produk Berkualitas, Ini 5 Kriterianya




Produk adalah output dari sebuah proses. Semua orang pasti akan sepakat jika sebuah proses yang bagus akan memberikan output yang bagus pula atau kalau dalam perusahaan akan menghasilkan produk yang berkualitas. Dalam dunia bisnis, kode etik menjadi salah satu aspek yang sangat penting diperhatikan untuk menjamin kualitas produk. Bagi PT.Mayora Indah Tbk sebagai produsen makanan dan minuman olahan, mempunyai kode etik perusahaan Mayora adalah jaminan kualitas produknya yang tak perlu diragukan lagi.

Bagaimana tidak, pokok-pokok kode etik perusahaan tersebut yang didasarkan atas 7 (tujuh) prinsip yaitu Quality, Efisiensi, Invonation, Passion, Wisdom, Responsibility, dan Confidence, merupakan perangkat yang bisa mendukung visi dan misi perusahaan. Prinsip-prinsip tersebut menjadi landasan bertindak bagi seluruh pihak yang tergabung di perusahaan dalam melakukan tugas, tanggung jawab dan kewenangannya masing-masing. Begitulah arah perusahaan yang cukup jelas di Mayora menuju satu titik tujuan, yaitu menghasilkan produk yang berkualitas.

Tentu tidak cukup dengan itu, sebuah perusahaan yang bagus selain memiliki kode etik juga tidak bisa lepas dari beberapa kriteria lainnya. Berikut ini setidaknya 5 kriteria lain yang dimiliki perusahaan yang bagus, antara lain yaitu :

1. Ada asuransi kesehatan

Adanya asuransi kesehatan bagi karyawan akan menjamin semua karyawan mendapatkan jaminan kesehatan dalam menjalani pekerjaan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, karyawan bisa menjalankan pekerjaan dengan rasa tenang dan tidak khawatir. Asuransi kesehatan tidak hanya bagi karyawan yang bersangkutan, tetapi juga mencakup semua anggota keluarganya, meliputi istri atau suami dan anak.

2. Mempunyai sistem pengembangan SDM

Perusahaan yang bagus akan memperhatikan jenjang karir setiap karyawannya. Untuk itu selalu ada upaya meningkatkan kemampuan karyawan, misalnya dalam bentuk training, workshop, seminar, ataupun mengikutkan karyawan dalam sertifikasi kemampuan kerja. Dengan mengikuti pelatihan tersebut, diharapkan karyawan dapat melakukan pengembangan diri dan menentukan jenjang karir terhadap kinerjanya.

3. Memiliki struktur organisasi yang baik

Struktur organisasi merupakan kerangka pola pekerjaan dan kelompok tugas atau fungsi bagian-bagian organisasi sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan adanya struktur organisasi yang baik, maka akan memudahkan perusahaan mencapai tujuannya karena sudah ada pembagian fungsi dan wewenang yang jelas.

4. Jam kerja jelas dan berjalan dengan disiplin

Jam kerja yang jelas akan menjadi panduan bagi karyawan dalam bekerja dengan disiplin. Dengan tertanamnya sikap disiplin pada karyawan, maka perusahaan akan berjalan dengan teratur dan bisa mencapai target sesuai yang diharapkan.

5. Memberikan Reward

Untuk kelangsungan hidup perusahaan diperlukan kerjasama antar semua komponen di dalam perusahaan dengan baik. Perusahaan perlu menjaga hubungan baik dengan karyawannya agar para karyawan memiliki semangat kerja yang tinggi dalam memajukan perusahaan. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan reward kepada karyawan yang berprestasi. Reward dapat berupa kenaikan gaji, bonus, promosi jabatan, sampai fasilitas tambahan berupa rumah, mobil atau yang lainnya.

Itulah beberapa kriteria perusahaan yang bagus yang perlu Anda ketahui. Belilah produk untuk kebutuhan Anda sehari-hari hanya dari perusahaan yang mempunyai track record bagus, karena pastinya kualitas akan lebih terjamin. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes