Serunya Touring Melebihi Wisata, Ini Tips Aman untuk Melakukannya




Belakangan ini touring seperti sudah menjadi agenda wajib yang ditetapkan bagi sebuah komunitas motor ataupun mobil. Banyaknya anggota komunitas membuat acara touring tersebut biasanya berlangsung cukup seru. Seperti ada aturan tak tertulis, touring bareng komunitas biasanya saling memperhatikan satu sama lain, misalnya kalau ada satu teman yang mengalami masalah, yang lain pasti turut membantu mencarikan atau memberikan solusi.

Apakah bisa Anda melakukan touring sendiri bersama keluarga? Jelas tak ada yang melarang dan tentu bisa. Kalau dicermati bisa jadi touring itu melebihi dari sekedar wisata biasa. Bagaimana tidak, dengan touring Anda bisa mengunjungi berbagai tempat yang kadang tidak pernah Anda bayangkan. Ini yang jarang ditemui dan membuat touring beda dengan wisata.

Agaknya hal ini yang membuat makin banyak keluarga tertarik untuk melakukan touring. Kegiatan ini memang cocok sebagai alternatif selain berwisata. Untuk mengisi waktu di sela-sela kesibukan, bagi banyak orang jalan-jalan ke sejumlah tempat atau touring menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk sekedar melepas penat. Apalagi kalau dilakukan bersama keluarga atau orang-orang terdekat, pasti acara touring makin seru.

Bagaimana persiapan Anda melakukan touring? Kesiapan fisik tentu menjadi yang nomor satu. Selain fisik adalah sarana transportasinya atau mobil yang digunakan. Hal ini sangat penting diperhatikan, sebelum bepergian jauh kondisi mobil harus sehat, memiliki performa baik dan mampu memuat penumpang atau barang Anda sekeluarga.

Mobil apa yang bisa mendukung acara Anda untuk touring bersama keluarga? Tidak salah jika Anda memilih mobil Nissan Juke. Jenis mobil satu ini menawarkan performa yang tinggi berbalut desain maskulin namun tetap mengusung semangat dinamis dari sebuah compact car. Dilengkapi dengan mesin handal HR15DE, Nissan Juke menjamin performa dan pengalaman berkendara yang maksimal. Teknologi dual-injection system, yang disematkan pada dapur pacu, menghasilkan pembakaran (combustion) yang lebih efisien.

Disamping itu harga Nissan Juke yang cukup stabil bisa menjadi faktor keunggulan tersendiri dibanding jenis mobil lainnya. Harga mobil satu ini masih bisa bertahan jika Anda ingin menjualnya kembali, jika pun ada penurunan, maka penurunan tersebut tidak akan terlalu drastis.

Nah, bagaimana agar acara touring Anda berjalan lancar dan aman? Touring bersama keluarga dengan berkendara sendiri tentu membutuhkan kewaspadaan yang lebih. Ini karena terkadang medan yang Anda lalui saat touring cukup menantang. Lain halnya jika Anda berkendara bersama komunitas, dimana Anda bisa bekerja sama dengan anggota lainnya. Oleh karenanya perlunya selalu memperhatikan aspek keselamatan berkendara.

Berikut tips yang dapat Anda jadikan panduan untuk mengadakan kegiatan touring bersama keluarga secara aman.

1. Periksa kondisi kendaraan Anda

Sebelum Anda berangkat melakukan touring, pastikan kondisi kendaraan Anda prima. Anda bisa membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan check-up. Pastikan bahwa oli, rem, airbag, roda, lampu, air wiper dan lain sebagainya aman. Selain itu, jangan lupa memeriksa kondisi ban cadangan dan pastikan tidak ada kebocoran pada salah satu komponen kendaraan

Tak kalah pentingnya perhatikan bahan bakar, usahakan penuh dan tidak habis minimal sampai dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berikutnya. Sebagai langkah antisipasi, catat nomor layanan yang dapat dihubungi saat kondisi darurat, misalnya mobil Anda mogok sehingga perlu layanan derek.

2. Rencanakan rute touring

Setelah rute ditetapkan, mungkin Anda perlu informasi tentang kondisi jalan yang akan dilalui, utamanya jalan di daerah yang sama sekali belum pernah Anda kunjungi. Anda bisa mencari info dari teman atau berbagai sumber berita, seperti media sosial yang cukup banyak.

Dari info yang Anda dapat, minimal sudah ada bayangan tempat-tempat yang penting untuk disinggahi, misalnya tempat peristirahatan, SPBU untuk keperluan mengisi bahan bakar dan bengkel jika dalam keadaan emergency. Tak ada salahnya jika Anda membawa fitur petunjuk arah (GPS) untuk memastikan bahwa jalan yang Anda tempuh tidak salah.

3. Siapkan barang yang perlu dibawa

Rencanakan barang-barang yang akan dibawa dengan seleksi yang ketat, kalau perlu bikin list untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan bisa terpenuhi dan bagasi tidak penuh dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Barang-barang sepele tapi besar manfaatnya jangan sampai lupa, misalnya power bank, charger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper serta kotak P3K yang diperlukan terutama dalam keadaan darurat.

4. Patuhi peraturan lalu lintas di jalan

Tertib berlalulintas di jalan dengan mematuhi rambu lalu lintas wajib ditaati. Sikap demikian akan turut membantu dalam menjaga keselamatan Anda sekeluarga. Acara touring adalah acara santai, makanya tak perlu ngebut di jalan atau menerobos lampu lalu lintas. Kendarai kendaraan Anda secara konstan untuk kenyamanan dan keamanan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk membawa lengkap surat-surat berkendara Anda.

5. Berhenti di titik yang telah ditentukan

Touring dengan menempuh perjalanan yang jauh, tentu ada banyak hal yang bisa merepotkan di perjalanan, seperti buang air kecil atau mengisi bahan bakar. Oleh karena itu, perlunya untuk menentukan titik lokasi pemberhentian, misalnya di tempat-tempat ibadah atau SPBU. Istirahatlah jika Anda mulai lelah. Dengan beristirahat bisa membuat tubuh Anda akan kembali fit ketika berkendara.

Nah, itulah 5 tips melakukan touring yang aman. Mempersiapkan secara cermat sebelum berangkat tentu lebih baik agar acara touring Anda bisa berjalan lancar, seru dan menyenangkan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes