Ini Bahayanya Jika Nyeri Haid Terasa Begitu Berlebihan




Menstruasi atau haid yang meski dikenal dengan istilah tamu bulanan, nyatanya bagi sebagian wanita, tak melulu datang setiap satu bulan sekali. Bahkan seringkali, haid tak selalu terjadi di tanggal yang tepat sama dengan tanggal di bulan sebelumnya. Periodenya memang seringkali berubah-ubah, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Ada yang memang normal terjadi, namun ada pula yang terjadi akibat penyakit tertentu.

Perubahan siklus haid seringkali membuat wanita kebingungan memprediksi kapan haid akan kembali datang, sehingga sedikit menyulitkan dalam membuat rencana wisata, liburan, atau kegiatan lainnya. Sebelumnya sebagian besar wanita melakukan pencatatan periode dan siklus haid di kalender untuk menghitung dan memprediksi tanggal haid di bulan berikutnya. Namun kini, kemajuan teknologi membuat semuanya menjadi begitu mudah dilakukan, termasuk dalam penentuan tanggal datangnya haid.

Kini cukup menggunakan aplikasi kalkulator prediksi haid, anda bisa dengan mudahnya mengetahui kapan haid akan kembali terjadi. Meski tak selalu tepat, namun kegagalan perhitungannya hanya berselang satu atau dua hari dari tanggal yang telah ditentukan oleh aplikasi tersebut. Tentu hal ini tak jadi masalah, karena dengan bantuan aplikasi tersebut, anda bisa membuat rencana dengan baik tanpa perlu khawatir rencana anda tergagalkan oleh kehadiran "tamu bulanan".

Melalui aplikasi tersebut, anda bahkan bisa mengetahui kapan masa ovulasi dan masa kesuburan anda. Ketika anda terdiagnosa hamil pun, aplikasi tersebut juga akan membantu anda memprediksi kapan tanggal jabang bayi akan lahir.

Pada beberapa aplikasi sejenis anda juga disarankan untuk mengisikan setiap gejala dan mood yang anda alami saat menjelang atau ketika mengalami menstruasi. Terlebih mengingat gejala yang dialami tidak selalu sama di setiap periode menstruasi, mulai dari pusing, merasa kelelahan, sakit punggung dan/atau pinggang, hingga kram atau nyeri pada bagian perut.

Setiap gejala tersebut termasuk normal selama dalam taraf yang wajar. Namun jika sudah berlebihan, maka anda perlu waspada, mengingat bahaya nyeri haid yang berlebihan juga berdampak pada kesehatan tubuh, karena nyeri haid yang sudah begitu berlebihan seringkali disebabkan oleh penyakit yang bahkan bisa berdampak buruk bagi kesuburan. Maka, jika anda mengalami gejala yang berlebihan, segera konsultasikan gejala tersebut ke dokter.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes