Bir Ternyata Bisa Mencegah Berbagai Penyakit yang Berat dan Populer Ini


Apakah minuman bir bisa membuat tubuh Anda sehat? Diyakini jika pertanyaan itu dilontarkan di tengah masyarakat luas, pasti banyak yang nggak percaya atau menjawab tidak. Sebaliknya, justru akan banyak orang berpendapat bahwa bir merupakan minuman yang tidak bermanfaat dan membahayakan kesehatan tubuh karena efeknya yang memabukan. 



 
Apakah benar memang begitu faktanya? Bertolak belakang dengan anggapan masyarakat luas, ternyata menurut para peneliti yang sudah melakukan penelitian sejak lama justru menemukan adanya manfaat bir bagi kesehatan tubuh manusia. Yang perlu dipahami, manfaat ini hanya akan didapat jika bir diminum dalam batas yang wajar, tidak berlebihan, atau yang biasa dipahami masyarakat tidak sampai membuat mabuk.

Untuk mendapatkan manfaat dari bir tersebut, para peneliti memberikan rekomendasi untuk membatasi minum bir, cukup dua gelas dalam sehari. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat minum bir dengan porsi yang tepat sehingga bisa memberikan efek kesehatan bagi tubuh Anda.

1. Mencegah serangan dari berbagai penyakit

Ini bisa terjadi karena bir bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda menjadi terpelihara. Bir yang berbahan dasar gandum mengandung zat antioksida, berfungsi melindungi sel dari kerusakan. Bir juga dikenal anti-mikroba berkat hop bunga pahit yang digunakan dalam proses produksinya. Hal ini membantu Anda yang minum bir melawan berbagai penyakit dan mengembangkan sistem kekebalan tubuh dengan baik.

2. Menurunkan risiko serangan jantung

Bir mengandung folat yang dapat membantu mengurangi homosistein dalam darah. Dengan kadar homosistein yang rendah, maka Anda mempunyai risiko lebih rendah terserang penyakit jantung. Dengan minum bir secara wajar setap hari juga bisa mengurangi pembekuan darah, hal ini sangat baik untuk penderita penyakit jantung uagar bisa bertahan hidup lebih lama.

3. Mencegah batu ginjal

Ini kelebihan bir, memiliki sifat sebagai pelindung ginjal. Penelitian menemukan fakta bahwa risiko batu ginjal akan turun sampai 40 persen saat Anda minum bir yang wajar dalam sehari. Batu ginjal bisa perlahan menghilang dengan terapi bir.

4. Menyembuhkan diabetes

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Universite Catholique de Louvain di Brussels, Belgia, dalam bir ditemukan senyawa yang disebut tetrahydro iso-asam alfa. Senyawa ini dapat mengurangi insulin dalam darah, sehingga bir bisa menjadi obat untuk penyakit diabetes.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Dari hasil penelitian, para ilmuwan telah menemukan fakta bahwa minum bir memberikan kontribusi terhadap peningkatan kolesterol HDL yang baik untuk tubuh. Dua gelas bir sehari bisa memberi efek positif pada kadar kolesterol.

6. Memelihara saluran pencernaan

Dari hasil penelitian The American Journal of Gastroenterology diketahui bahwa alkohol dalam bir mampu melawan bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini adalah sebagai penyebab sakit maag. Bukan hanya itu, bir juga sebagai sumber nutrisi prebiotik yang akan memelihara bakteri baik dalam usus.

Nah, itulah beberapa manfaat bir bagi kesehatan yang banyak orang belum mengetahui. Sekarang, dengan mengetahui manfaatnya yang besar tersebut, sudah seharusnya bir bukan lagi menjadi momok. Anda perlu mengenalnya lebih dekat, seperti Bir Guinness yang bisa Anda jadikan teman keseharian Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes