6 Poin Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Asuransi Kesehatan


Sudah barang tentu setiap orang pernah mengalami gangguan kesehatan, apakah itu dalam tingkatan yang berat atau sekedar sakit yang ringan. Yang namanya sakit itu manusiawi, mustahil seseorang selalu dalam keadaan yang sehat. Oleh karena itu, penting sekali melakukan tindakan antisipasi, misalnya dengan memiliki dana khusus untuk kesehatan diri dan keluarga. Dengan cara demikian, maka apabila ada anggota keluarga yang sakit sedangkan kondisi keuangan sedang kurang bagus, keberadaan dana khusus tersebut bisa membantu. 



Namun yang perlu diingat, pada kondisi perkembangan zaman seperti sekarang ini kadang keberadaan dana dalam bentuk cash kurang bisa dipertanggungjawabkan. Ada saja keinginan memanfaatkan untuk keperluan yang lain. Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda memiliki asuransi kesehatan agar dana Anda bisa lebih tepat guna. Untuk itu penting bagi Anda memilih jenis asuransi kesehatan yang baik, sesuai kebutuhan Anda dan dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Berikut beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih jenis produk asuransi kesehatan, yaitu diantaranya :

1. Memiliki jaringan rumah sakit yang luas

Penting sekali memilih penyedia jasa asuransi yang memiliki rekam jejak yang bagus. Semakin baik kualitas penyedia jasa asuransi, peluang jaringan rumah sakit juga akan semakin luas. Pastikan rumah sakit langganan Anda bekerjasama dengan asuransi kesehatan yang akan dipilih.

2. Menawarkan sistem cashless

Pastikan Anda memilih asuransi kesehatan yang menawarkan sistem cashless. Dengan sistem ini, penggantian klaim menjadi lebih mudah. Tinggal sodorkan saja kartu asuransi kesehatan Anda, semua biaya dan tagihan rumah sakit langsung dibayar saat itu juga. Beda halnya, jika tidak menjalin kerja sama dengan klinik atau rumah sakit, Anda tentu harus membayar tagihan di muka dan nantinya melakukan reimbursement pada perusahaan asuransi.

3. Plafon dan premi sesuai

Produk asuransi kesehatan yang ideal adalah menawarkan plafon sesuai dengan besaran premi yang Anda bayarkan. Jangan mudah tergoda dengan penawaran premi murah dengan plafon tinggi

Sebaiknya pilih plafon yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Jangan memilih premi yang terlalu besar dengan harapan mendapatkan kualitas layanan kesehatan maksimal, tetapi mengganggu kesehatan finansial Anda.

4. Prioritaskan rawat inap

Biaya kesehatan mencakup rawat jalan dan rawat inap. Sebaiknya fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena perawatan ini yang biayanya paling besar. Jika memiliki uang lebih, bisa mengambil tambahan asuransi rawat jalan.

5. Tanpa limit per perawatan

Jika ada pilihan, maka sebaiknya pilihlah asuransi yang menerapkan limit gabungan semua perawatan, atau dengan kata lain tidak membatasi biaya per perawatan. Tujuannya supaya Anda sebagai pemegang polis fleksibel berobat berbagai perawatan selama limit total masih ada.

6. Pilih jenis asuransi kesehatan murni

Anda harus jeli, pilihlah produk asuransi kesehatan murni bukan merupakan rider asuransi jiwa unit-link. sehingga bisa fokus pada kesehatan seluruh keluarga. Pasalnya, unit link akan membagi premi untuk asuransi jiwa, investasi, dan kesehatan. Dalam asuransi murni premi diperuntukkan semata-mata untuk pertanggungan biaya kesehatan

Itulah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih asuransi. Selain hal yang sudah dipaparkan di atas, Anda juga harap hati-hati jika melakukan pembayaran dengan auto-debit kartu kredit. Selain itu hindari mengambil asuransi kesehatan melalui telpon. Nah, apalagi? Yuk, segera pilih produk asuransi kesehatan keluarga yang memiliki banyak keunggulan dengan sistem premi lebih murah. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes