Jangan Asal Pasang Kawat Gigi, Ini Syarat dan Ketentuannya



Tidak dipungkiri, pasang kawat atau behel gigi kini memang semakin banyak diminati meskipun harga pasang behel terbilang tidak murah. Baik untuk tujuan memperbaiki penampilan ataupun fungsi gigi dan mulut. Padahal jika diketahui dengan pasti, tidak semua orang boleh pasang kawat gigi.

Secara medis, kawat gigi pada dasarnya digunakan untuk memperbaiki dan merapikan susunan gigi. Di mana selain bernilai estetika, gigi yang rapi dapat membantu proses mengunyah dan menggigit makanan menjadi lebih baik. Namun meski demikian, kawat gigi tidak boleh asal dipasang apalagi di sembarang tempat.




Syarat Untuk Menggunakan Kawat Gigi

Pemasangan kawat gigi umumnya dilakukan saat usia anak-anak dan remaja, namun itu bukan berarti orang dewasa tidak boleh melakukannya. Sebenarnya tidak ada batasan usia untuk seseorang melakukan pasang behel gigi, akan tetapi tidak semua gigi bisa dipasangi kawat gigi.Ada hal tertentu yang menentukan boleh tidaknya pasang kawat gigi. Lalu apa syarat bagi sesorang untuk menggunakan kawat gigi?

Seseorang yang hendak menggunakan kawat gigi harus mempunyai gigi dan gusi yang kondisinya kuat, bersih dan sehat. Sebaiknya tidak ada gigi yang berlubang, berkarang gigi atau sensitifsaat ingin dipasangkan kawat gigi.

Kalaupun ada, masalah tersebut harus diatasi lebih dulu. Gigi berlubang harus ditambal, karang gigi harus dibersihkan serta keluhan gigi sensitif dan gusi berdarah karena infeksi harus lebih dulu ditangani sebelum pemasangan kawat gigi dilakukan.

Selain itu, untuk dapat memasang kawat gigi kepadatan tulang sekitar gigi juga harus mumpuni dengan kondisi gigi dan mulut tidak bermasalah. Sebab selama penggunaan kawat gigi, gusi akan dituntut untuk tetap kuat dan fleksibel. Agar dapat menyesuaikan kemana pun pergerakan gigi beserta kawat yang melingkarinya.

Kondisi sistemik juga harus diperhatikan ketika hendak pasang kawat gigi. Jika tercatat memiliki masalah kesehatan yang bisa berdampak pada kondisi gigi dan gusi seperti penyakit diabetes. Maka penderita tersebut harus terus mengontrol penyakitnya serta rutin melakukan konsultasi dengan dokter ortodonti.

Jangan Asal Pasang Kawat Gigi

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, prosedur merapikan dan memperbaiki posisi gigi menggunakan kawat gigi memang semakin berkembang. Bahkan tidak sulit untuk menemukan tempat dan dokter gigi yang menyediakan layanan pemasangan behel gigi. Akan tetapi meski begitu, kawat gigi tidak boleh asal dipasang.

Biaya pemasangan kawat gigi kerap menjadi alasan untuk mencari tempat pasang behel dengan harga paling terjangkau. Biaya untuk memasang kawat gigi memang terbilang cukup mahal, belum lagi ditambah dengan biaya kontrol bulanan dan perawatannya. Alhasil, banyak orang yang memilih ke tukang gigi atau sembarang dokter gigi untuk memasang kawat gigi dengan alasan biaya yang lebih murah.

Padahal jika tidak ditangani oleh profesional di bidangnya, penggunaan kawat gigi bisa saja tidakmenampakkan hasil yang diinginkan. Susunan gigi tidak ada perubahandan gigi tidak kunjung rapi meski telah dipasang dalam waktu lama. Bahkan yang terburuk, pemasangan kawat gigi bisa juga menyebabkan infeksi. Itu sebabnya, kawat gigi harus dipasang oleh yang berkompeten, yakni spesialis ortodontis.

Ortodontis adalah dokter gigi spesialis ortodonti yakni yang memiliki kompetensi di bidang ortodonti termasuk pemasangan kawat gigi. Berbeda dengan dokter gigi umum, ortodontis mempelajari lebih dalam pertumbuhan serta perkembangan tulang rahang dan wajah yang dapat mempengaruhi posisi gigi. Jadi ortodontis ini berwenang untuk memasang kawat gigi sebagai alat bantu perawatan gigi.

Memasang behel gigi untuk memperbaiki susunan gigi ataupun mengikuti tren, boleh saja dilakukan selama gigi dan mulut sehat. Akan tetapi selain itu, pastikan melakukan pemasangan dan perawatan kawat gigi di tempat profesional.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes