Siap Darling! Saat Milenial Bergerak untuk Lingkungan yang Lebih Baik



Baik milenial ataupun Gen Z adalah generasi yang aktif, inovatif, dan tidak pernah berhenti melakukan berbagai pembaharuan. Satu lagi, generasi ini terkenal akan kepeduliannya terhadap lingkungan. Tentu dengan berubahnya generasi, akan lebih menyadari bahwasannya bumi kita semakin terancam, tidak ada yang baik-baik saja dengan bumi yang kita tinggali ini. Bahkan tidak ketinggalan perusahaan besar sekelas Djarum juga memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi melalui programnya Djarum Trees For Life.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa berbagai bentuk pencemaran, penurunan kualitas lahan, perusakan lingkungan, pembuangan sampah, penggundulan hutan adalah segelintir permasalahan krusial mengenai lingkungan. Daya dukung lingkungan terhadap kehidupan sepertinya semakin menurun dari waktu ke waktu. Namun sayangnya, cepatnya kerusakan lingkungan tidak diikuti oleh upaya pelestarian dan konservasi oleh manusia yang menempatinya.

Maka sekarang sedang masifnya bermunculan berbagai program, gerakan, organisasi, bahkan challenge untuk mengkampanyekan kondisi riil bumi kita dan langkah konkrit yang bisa dilakukan untuk memperpanjang daya dukung bumi terhadap kehidupan. Berbagai pihak mulai dari pemerintah, pemangku kebijakan, organisasi, komunitas, NGO bahkan dari perusahaan juga menyerukan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Salah satunya adalah munculnya gerakan peduli lingkungan yang diinisiasi Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Kegiatannya berupa penanaman pohon trembesi untuk mengurangi polusi udara. Hal ini dipilih karena pohon trembesi mampu untuk menyerap kadar CO2 dengan sangat baik. Oleh karena itu, biasanya lokasi-lokasi yang dipilih adalah daerah yang memiliki pencemaran cukup tinggi, misalnya daerah dengan jumlah kendaraan yang banyak atau padat.

Dengan menanam pohon trembesi diharapkan dapat memperbaiki kualitas udara sehingga udara dapat lebih sehat. Manfaat lainnya tentu masih banyak, seperti mencegah udara menjadi panas, menyejukan dan membuat rindang lokasi yang bersangkutan, bahkan digunakan sebagai spot foto. Maka Djarum berusaha untuk selalu memberikan kesempatan menanam pohon untuk perbaikan lingkungan hidup. Gerakan ini sudah dimulai sejak tahun 1979.

Gerakan yang diberikan nama Siap Darling ini sudah melakukan dua kali kegiatan penanaman ratusan bibit pohon. Yang pertama adalah Candi Darling di Prambanan dan yang kedua adalah Aksi Darling Van Den Bosch di Ngawi, Jawa Timur. Ciri khas kegiatan yang dilakukan oleh Siap Darling ini adalah selain menunjukan kepedulian terhadap lingkungan juga melestarikan situs-situs budaya.

Maka spot kegiatan Siap Sadar Lingkungan yang kedua ini berada di cagar budaya yang merupakan situs sejarah termegah peninggalan Hindia Belanda. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2019. Masih dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI, gerakan ini melakukan penanaman 130 pohon. Seremonial penanaman trembesi dilakukan di tol trans Jawa Ngawi-Kertosono sepanjang 87 KM.

Selain kegiatan penanaman pohon, ada acara keren di alun-alun Ngawi yaitu Talk Show yang bertajuk lagi-lagi global warming. Selain itu, ada special performance dari guest star yaitu Kotak. Acara ini juga dihadiri oleh Nandang Prihadi (Kepala BBKSDA Jatim), Andovi da Lopez (Youtuber), dan Bekti (Komunitas Garuk Sampah). Acara ini diikuti oleh 250 peserta dari berbagai kampus dan komunitas di sekitar lokasi.

Nah, keren bukan acaranya? Selain menanam pohon, ada tujuan utama yang hendak dicapai dari sekumpulan anak muda hebat yang tergabung dalam kegiatan ini yang tidak lain dan tidak bukan adalah memberikan kesadaran untuk berbagai pihak bahwasanya menjaga bumi adalah kewajiban bersama.

Buat kamu yang ingin mengetahui bagaimana keseruan kegiatan selama pelaksanaan gerakan Sadar Lingkungan di Ngawi, dapat langsung check di ig @siapdarling dan jadilah bagian dari gerakan untuk hijaukan lingkungan di edisi berikutnya. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes